MENGENAL JENIS KONSTRUKSI


ALAM KONSTRUKSI, sebelumnya kami ucapkan terimakasi buat rekan-rekan yang telah berkenan mampir di blog sederhana kami. Sesuai dengan Judul blog ini kami akan mengajak teeman-teman semua untuk belajar tentan konstruksi.
Sebelumnya kami minta maaf jika bahasa dan kata-kata nya dalam blog ini kurang sempurna, karna sesungguhnya kesempurnaan itu hanya milik allah swt.  
Baik karna ini adalah post pertama kami, maka kami akan bahas tentang apa itu konstruksi dan apa saja yang ada di dalamnya. jika membahas tentang konstruksi sebenarnya ada banyak dan beragam jenis konstruksi. Yang tentunya teman-teman yang sering bergelut di bidang konstruk pasti sudah tidak asing lagi.  
Disini saya akan mencoba membahas tenteng beberapa jenis konstruksi yaitu ;

1.         KONSTRUKSI INDUSTRI
Konstruksi industri akan melibatkan proyek-proyek teknik tingkat tinggi dalam manufaktur dan proses produksi. Dalam beberapa hal arsitek dan kontraktor akan berada dalam satu perusahaan untuk mendesain dan melaksanakan pembangunan pabrik bagi kliennya.






2.         KONSTRUKSI GEDUNG
Rekan-rekan sudah tidak akan asing lagi dengan konstruksi ini, karna sudah di semua kota bahkan dunia sudah banyak terdapat proyek konstruksi gedung yang fungsinya di gunakan untuk fasilitas umum  seperti bangunan institusi, pendidikan, bangunan komersial, tempat rekreasi dan social.  Contoh bangunan pada konstruksi gedung yaitu pusat perbelanjaan, perkantoran, perhotelan, rumah sakit, sekolah, dan rumah tempat tinggal. Pada sebuah konstruksi gedung akan di rencanakan oleh arsitek dan insinyur sipil, untuk material yang di butuhkan lebih di utamakan pada aspek-aspek arsitektural.



3.         KONSTRUKSI TEKNIK
Konstruksi Teknik adalah konstruksi yang melibatkan struktur dan di rencanakan secara khusus oleh para ahli untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang berhubungan dengan infrstruktur. Adapun jenis konstruksi ini di bagi dalam  dua bagian yaitu ;

                                                                   Proyek Jalan

1.   Konstruksi Berat
Yang termasuk di dalam konstrusi ini adalah proyek-proyek suatu Negara seperti transportasi udara, transportasi air, transportasi selain jalan raya, pemipaan dan bendungan yang di biayai oleh pemerintah dan atau kerja sama antara pemerintah dan suasta.
2.   Konstruksi Jalan
Yaitu suatu proyek yang meliputi penggalian, pengurugan, perkerasan jalan, konstruksi jembatan dan struktur draenase. Konstruksi ini biasanya di rencanakan oleh dinas pekerjaan umum setempat dan berbeda dengan konstruksi bangunan dari segi aktivitas antara pemilik, perencana, dan kontrakto. Dalam hal ini mayoritas proyek jalan di miliki dan di bangun oleh pemerintah melalui dinas pekerjaan umum atau intansi terkait sebagai pemilik proyek tersebut. Dengan melibatkan pihak ketiga yang sering di sebut kontraktor atau rekanan dan atau penyediajasa.


Demikian postingan kali ini dengan pembahasan tentang mengenal jenis konstruksi, dan pada pembahasan selanjutnya saya akan mencoba membahas tentang METODE PELAKSANAAN KONSTRUKSI JALAN LENGKAP. Terimakasih telah mampir di lapak kami yang sederhana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERATURAN LEMBAGA KEBIJAKAN PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH TAHUN 2021

   Hallo sobat Penyedia Barang dan Jasa Konstruksi, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas sedikit tentang Pedoman Pelaksanaan ...