Cara Membuat Penjumlahan Otomatis Di Microsoft Word

Dalam melakukan penjumlahan angka di dalam microsoft word memang tidak sama seperti dalam program microsoft excel, menghitung angka dalam microsoft excel dapat dengan mudah di lakukan dengan tepat dan dapat di lakukan otomatis, bila angka input tersebut di rubah. maka output atau hasilnya akan mengikuti sesui dengan rumus yang di masukkan, akan tetapi gimana jika data/angka yang di masukan menggunakan microsoft word,,??

Biasanya dalam membuat data kita menggunakan huruf dan juga angka, yang tentunya angka-angka tersebut yeng perlu kita jumlahkan. Di sini kita bisa menggunakan microsoft word, dimana kita akan menggabungkan programmicrosoft word dan microsoft exel dalam satu file. Dengan cara menyisipkan Tabel Microsoft Excel Ke Dalam Microsoft Word. Kalo belum tau gimana cara memasukan Tabel Microsoft Excel Ke Dalam Microsoft Word, silahkan Kunjungi Cara Memasukan Format Microsoft Exel Ke DalamMicrosoft Word. Tetapi gimana kalau angka tersebut telah kita ketik di dalam Microsoft Word. Jangan Khawatir, Sebab pada Microsoft Word sudah terdapat tools-tools untuk melakukan penjumlahan otomatis. Jadi kita tidak perlu membuka kalkulator lagi untuk menjumlahkannya. Berikut cara dan langkah melakukan penjumlahan otomatis di microsoft word

1. Pertama buat terlebih dahulu tabel yang berisi angka, seperti  pada gambar di bawah ini.


2. letakkan kursor pada tabel atau sel di mana penjumlahan otomatis tersebut anda letakkan (biasanya         terletak pada baris jumlah).
3. pada tab layout klik formula. seperti gambar yang di bawah ini.

4. pada popup formula yang muncul di isi pada formula dengan rumus = sum(above) untuk menjumlahkan semua angka di atas. untuk menjumlahkan angka-angka tertentu. contohn menjumlah nilai dari ammar dan rahma masukkan rumus = sum(c3,c4). lihat gambar di bawah ini.


5.lalu klik ok, maka nilai hasil penjumlahan akan muncul di baris (jumlah).


6.cara melakukan penjumlahan bilangan desimal gunakanlah thousand separator default dari program tersebut. yang biasanya defaultnya adalah tanda titik, tetapi bisa saja sudah di ubah menjadi tanda (koma). jadi jika kita melakukan penjumlahan bilangan disemal dan jika tidak berhasil..! coba ubah tanda ribuan dari titik menjadi (koma) ataupun sebaliknya. sayangnya cara penjumlahan di microsoft word tidak bersamaan dengan perubahan secara otomatis ketika angka input di rubah. dengan demikian fitur tersebut sudah sangat membantu kita dalam melakukan penjumlahan pada microsoft word.

Demikian Cara Membuat Penjumlahan Otomatis Di Microsoft Word, semoga bermanfaat.
sekian dan sampai jumpa....




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERATURAN LEMBAGA KEBIJAKAN PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH TAHUN 2021

   Hallo sobat Penyedia Barang dan Jasa Konstruksi, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas sedikit tentang Pedoman Pelaksanaan ...